NAMA : LUMARA RAMADHANI
KELAS : 3EA03
NPM
: 14210091
SEGMENTASI PASAR
1.
Memungkinkan kita untuk
lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2.
Mendapatkan input mengenai
peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
3.
Merupakan basis bagi kita
untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4.
Faktor kunci mengalahkan
pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Cara-cara
dalam memandang suatu pasar :
1.
Static attribute
segmentation. Cara memandang pasar
berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar
berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Demografi berati kita
melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama,dan pendidikan.
2.
Dinamic attribute
segmentation. Cara memandang pasar
berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan.
Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi
meliputi lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon
pelanggan terhadap produk.
Lebih
lanjut mengenai demografi, psikografi dan pasar relung:
1.
Demografi. Ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan,
rata-rata umur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk
dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar
berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar
berdasarkan wilayah (negara, kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi
berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan
pendidikan.
2.
Psikografi. Psikografi adalah menggunakan demografi dalam menentukan
perilaku dan selera segmen tertentu suatu populasi. Psikografi mengkaji gaya
hidup seperti kemana mereka berlibur, kemana mereka berbelanja, bagaimana
mereka membelanjakan uang ekstra, olahraga apa yang mereka tonton, dan masih
banyak lagi yang lain. Kalau menurut Hermawan (lagi), psikografi termasuk dalam Dynamic Attribute
Segmentation, atau cara memandang pasar
berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan.
Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi
meliputi lifestyleatau kepribadian seperti yang saya sebutkan
diatas. Perilaku berupa sikap, penggunaan dan respon pelanggan terhadap produk.
3.
Pasar relung. Ada segmen kecil dari populasi yang memiliki kesamaan karekteristik,
kepentingan, kebiasaan berbelanja dan sebagainya
KESIMPULAN :
1.
Bahwa peranan segmenentasi pasar sangat penting dan bisa
dibilang cukup vital untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang
muncul dipasar.
2.
Ada 2 cara untuk kita untuk memandang suatu pasar seperti
yang kita baca diatas tadi
3.
Serta sebelum anda ingin memulai suatu usaha,ada baiknya
dan disarankan untuk supaya anda lebih memahami segmentasi pasar tersebut
karena banyak sekali manfaat nya seperti yang kita baca diatas tersebut.